19 Des 2009

Diposting oleh bobol WPA kumpulan program


Daftar orang terkaya di Indonesia berubah seiring dengan krisis perekonomian global dan Majalah Forbes Asia kini menempatkan Sukanto Tanoto sebagai orang terkaya di Indonesia.
Sementara Aburizal Bakrie yang tahun lalu di peringkat pertama, kini melorot ke posisi sembilan.
Dalam siaran persnya dari Singapura, Kamis (11/12), majalah itu menyatakan kekayaan netto Indonesia merosot drastis dengan pasar modal yang anjlok sekitar 54% dari tahun sebelumnya. Harga komoditas merosot dan rupiah yang melemah hampir seperempat nilainya dibandingkan tahun lalu.
Sementara itu, total kekayaan bersih dari 40 orang terkaya di Indonesia anjlok hampir 50% dari tahun lalu, sehingga totalnya kini sekitar US$ 21 miliar dibandingkan setahun sebelumnya yang sebesar US$ 40 miliar.
Sukanto Tanoto, yang pernah di puncak daftar orang kaya Forbes Asia pada 2006, tahun ini mendapat titel sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan netto US$ 2 miliar, nilai yang sebenarnya turun sekitar 57% dari tahun lalu yang tercatat US$ 4,7 miliar.
Tanoto saat ini menjalankan RGM International yang memiliki produsen pulp dan kertas (April) dan produsen minyak kelapa sawit Asian Agri, keduanya terimbas harga komoditas yang jatuh.
Aburizal Bakrie kini di nomor 9 dengan kekayaan US$ 850 juta. Tahun sebelumnya Bakrie sebagai orang asli Indonesia pertama terkaya di negeri ini.
Nilai kekayaan Bakrie anjlok lebih dari US$ 4,5 miliar dari US$ 5,4 miliar pada 2007. Kemerosotan kekayaannya itu yang terbesar dalam daftar orang kaya tahun ini.
Saham-saham perusahaan keluarga Bakrie telah jatuh sekitar 90% karena para bankir khawatir terulangnya krisis finansial 1997-1998 dan tidak mau berisiko atas pinjaman kepada grup usaha Bakrie senilai miliaran rupiah.
Saat wawancara dengan Forbes Asia, Bakrie mengritik rumor adanya permusuhan dan skandal menyedihkan dalam pemulihan grupnya.
Tahun ini yang menempati peringkat kedua dan ketiga adalah Hartono bersaudara, R Budi dan Michael, yang memiliki Djarum, produsen rokok terbesar kedua Indonesia.
Berikut daftar orang terkaya di Indonesia, yang nilai kekayaannya dihitung menggunakan harga saham dan nilai tukar pada 28 November. Sedangkan perusahaan tertutup dinilai dengan membandingkan perusahaan publik yang serupa.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha baru nih yeeeeeeeeeee

Anonim mengatakan...

wahhhhhh bagus tolong di update slalu mas

Anonim mengatakan...

hai kang salam kenal aku si singa mangaraja

Posting Komentar